Meningkatkan Keterampilan Membuat Hiasan Kaligrafi dari Manik-manik dengan Model Direct iInstruction bagi Anak Tunagrahita Ringan di Kelas V SLB Luak NanBungsu Payakumbuh

Sakinah, Nurul (2021) Meningkatkan Keterampilan Membuat Hiasan Kaligrafi dari Manik-manik dengan Model Direct iInstruction bagi Anak Tunagrahita Ringan di Kelas V SLB Luak NanBungsu Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_NURUL_SAKINAH_17003062_3791_2021.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

Pada penelitian ini membahas tentang bagaimana cara meningkatkan keterampilan vikasional membuat hiasan kaligrafi dari manik-manik bagi anak tunagrahita ringan dengan model direct instruction. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SLB Luak Nan Bungsu Payakumbuh. Permasalahan yang melatar belakangi dilaksanakannya penelitian ini adalah di kelas V SLB Luak Nan Bungsu sudah pernah belajar tentang bagaimana cara membuat keterampilan dari manik-manik akan tetapi terdapat anak yang belum teraampil dalam membuat hiasan kaligrafi dari manik-manik tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, seriap siklusnya terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes perbuatan. Adapun hasil yang di peroleh anak menggunakan dua siklus yaitu nilai MI pada tindakan siklus I yaitu 68%, dan pada siklus II memperoleh nilai 94%, sementara anak RA memperoleh nilai pada siklus I yaitu 64%, dan pada siklus II memperoleh nilai 92%, selanjutnya anak RP pada siklus I memperoleh nilai sebanyak 72% dan pada siklus II memperoleh nilai 96%. Berdasarkan dari data diatas, kesimpulan dari keterampilan membuat hiasan kaligrafi dari manik-manik mengalami peningkatan yang signifikan melalui model direct instruction.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KETERAMPILAN VOKASIONAL
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Dec 2021 01:45
Last Modified: 07 Dec 2021 01:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35629

Actions (login required)

View Item View Item