Hubungan Kemampuan Interaksi Sosial Teman Sebaya dan Kematangan Emosi Siswa

Sari, Nopa Muspita (2021) Hubungan Kemampuan Interaksi Sosial Teman Sebaya dan Kematangan Emosi Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_NOPA_MUSPITA_SARI_17006160_4594_2021.pdf

Download (443kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan kemampuan interaksi sosial teman sebaya siswa, (2) mendeskripsikan kematangan emosi siswa, dan (3) menguji hubungan antara kemampuan interaksi sosial teman sebaya dengan kematangan emosi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII di SMK Negeri5 Padang, dengan sampel sebanyak 260 orang yang ditetapkan dengan teknik Proportional Random Sampling. Instrumen penelitian ini adalah angket dengan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan (1) kemampuan interaksi sosial teman sebaya siswa berada pada kategori baik, (2) kematangan emosi siswa berada pada kategori matang, dan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan dengan derajat hubungan kuat antara kemampuaninteraksisosialtemansebayadengankematanganemosisiswa, dengankoefisien korelasi rhitung ≥ rtabel yaitu 0,759 ≥ 0,138 dannilaisignifikansebesar 0,000.Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dengan teknik persentase dan menggunakan uji korelasional dengan bantuan program SPSS versi 20.0.Dari hasiltersebutdisarankan guru BK untuk dapat membantu meningkatkan kemampuan interaksi sosial teman sebaya dan kematangan emosi siswa dengan menyusun program BK yang berkaitan dengankemampuan interaksi sosial teman sebaya dan kematangan emosi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: INTERAKSI SOSIAL TEMAN SEBAYA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Dec 2021 01:45
Last Modified: 07 Dec 2021 01:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35623

Actions (login required)

View Item View Item