Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) di Kelas III SDN 01 Batipuah Baruah Kabupaten Tanah Datar

Rahmi, Nilma Syafitri (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) di Kelas III SDN 01 Batipuah Baruah Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_NILMA_SYAFITRI_RAHMI_17129157_4496_2021.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif tipe Course Review Horay di kelas III SDN 01 Batipuah Baruah Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang dilaksanakan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas III SDN 01 Batipuah Baruah Kabupaten Tanah Datar yang berjumlah 16 orang terdiri dari 11 orang peserta didik laki-laki dan 5 orang peserta didik perempuan. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pengamatan RPP, pelaksanaan pembelajaran aspek guru, pelaksanaan pembelajaran aspek peserta didik dan hasil belajar peserta didik menggunakan model Kooperatif tipe Course Review Horay.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan RPP pada siklus I rata-rata 80,55%dengan kualifikasi baik (B) meningkat menjadi 97,22%pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik (SB). Pada hasil pengamatan aspek guru siklus I rata-rata 76%dengan kualifikasi baik (B) meningkat menjadi 91,6%dengan kualifikasi sangat baik (SB). Pada hasil pengamatan aspek peserta didik siklus I rata-rata 74,9% dengan kualifikasi cukup (C) meningkat menjadi 86,11%dengan kualifikasi baik (B). Sedangkan hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh nilai dengan rata-rata 75,2 dengan kualifikasi (B) meningkat menjadi 84,49 dengan kualifikasi (SB). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Kooperatif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III SDN 01 Batipuah Baruah Kabupaten Tanah Datar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL COURSE REVIEW HORAY
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Dec 2021 01:45
Last Modified: 07 Dec 2021 01:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35613

Actions (login required)

View Item View Item