Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) di Kelas IV SDN 02 Sialang Kecamatan Kapur IX

Mutiara, Niken (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) di Kelas IV SDN 02 Sialang Kecamatan Kapur IX. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_NIKEN_MUTIARA_17129381_4550_2021.pdf

Download (511kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu dengan model Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini dilaksananakan dengan model Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) di kelas IV SDN 02 Sialang Kecamatan Kapur IX,Kabupaten Lima Puluh Kota. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 12 orang. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Disetiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian siklus I RPP rata-rata 80,55% dengan kualifikasi (B) dan siklus II 94,44% dengan kualifikasi (SB). Pelaksanaan proses pembelajaran aspek guru siklus I 82,14% dengan kualifikasi (B) dan siklus II 92,85 dengan kualifikasi (SB), pelaksanaan aspek siswa siklus I 82,14% dengan kualifikasi (B) dan siklus II 92,85% dengan kualifikasi (SB). Hasil penilaian siklus I diperoleh rata-rata 71,31 dengan kualifikasi (B) dan siklus II 87,97 dengan kualifikasi (SB). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT)dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KOOPERATIF TIPETEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Dec 2021 01:45
Last Modified: 07 Dec 2021 01:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35611

Actions (login required)

View Item View Item