Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV Sekolah Dasar Kota Padang

Oktavia, Nadia Safira (2021) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV Sekolah Dasar Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_NADIA_SAFIRA_OKTAVIA_17129237_4294_2021.pdf

Download (512kB) | Preview

Abstract

Pengembangan multimedia interaktif berbasis Macromedia Flash 8 merupakan salah satu alternatif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif berbasis Macromedia Flash 8 pada kelas IV sekolah dasar yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (Implmentasi), Evaluation (evaluasi). Pengumpulan teknik data menggunakan instrumen penelitian meliputi lembar validasi (ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media/grafik) dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Hasil dari pengembangan multimedia interaktif melalui tahapan validasi aspek materi memperoleh nilai 92%. Pada aspek bahasa memperoleh nilai 90% dan aspek media/grafik memperoleh nilai 92%. Sedangkan dari angket peserta didik dan guru sama-sama memperoleh skor rata-rata 86%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif pada pembelajaran tematik kelas IV berbasis Macromedia Flash 8 sangat valid dan sangat praktis digunakan sebagai salah satu penunjang pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MACROMEDIA FLASH 8
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Dec 2021 01:45
Last Modified: 07 Dec 2021 01:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35609

Actions (login required)

View Item View Item