Pelaksanaan Pembelajaran Program Khusus Bina Gerak Untuk Anak Cerebral Palsy pada Masa Pandemi Covid-19 di SLB Negeri 1 Ampek Angkek Agam

Novira, Nadia (2021) Pelaksanaan Pembelajaran Program Khusus Bina Gerak Untuk Anak Cerebral Palsy pada Masa Pandemi Covid-19 di SLB Negeri 1 Ampek Angkek Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_NADIA_NOVIRA_17003095_3998_2021.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran program khusus bina gerak untuk anak cerebral palsy pada masa pandemi covid-19 di SLB Negeri 1 Ampek Angkek. Fokus penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan kondisi faktual pembelajaran program khusus bina gerak, kendala dalam pelaksanaan pembelajaran program khusus bina gerak, serta upaya mengatasi kendala selama pelaksanaan pembelajaran program khusus bina gerak untuk anak cerebral palsy pada masa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas X yang mengajar anak cerebral palsy. Teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, menggunakan bahan referensi, dan melakukan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran program khusus bina gerak pada masa pandemi covid-19 di SLB Negeri 1 Ampek Angkek dilaksanakan secara daring. Pembelajaran program khusus bina gerak diajarkan oleh guru kelas, dimana pembelajaran dilaksanakan satu kali dalam satu minggu yaitu pada hari sabtu. Kendala yang timbul pada pembelajaran program khusus bina gerak pada masa pandemi covid-19 adalah guru tidak dapat memantau pembelajaran anak secara langsung, suasana hati anak yang mudah berubah, serta anak merasa bosan dengan pembelajaran yang dilaksanakan secara daring menyebabkan anak malas mengerjakan tugas sehingga tugas yang dikirimkan tidak sesuai dengan waktunya. Upaya yang dilakukan guru mengatasi kendala selama pembelajaran program khusus bina gerak yang dilaksanakan secara daring ialah melakukan kunjungan ke rumah anak satu kali dalam satu bulan, memberikan apresiasi jika siswa mengerjakan tugas dan mengumpulkan tugas tepat waktu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CEREBRAL PALSY
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Dec 2021 01:44
Last Modified: 07 Dec 2021 01:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35608

Actions (login required)

View Item View Item