Analisis Penerapan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar

Melinda, Melinda (2021) Analisis Penerapan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_MELINDA_16129346_4747_2021.pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan membahas mengenai penerapan pendekatan Saintifik dalam pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Studi Literatur (Library Research). Sumber utama penelitian ini adalah artikel ilmiah atau jurnal yang terdapat dalam Google Cendikia atau Google Scholar dan portal garuda yang bekaitan dengan pendekatan Saintifik dalam pembelajaran tematik terpadu dimulai dari kelas 1-5 Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan oleh peniliti juga beragam, mulai dari penelitian kualitatif dan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendekatan Saintifik dalam pelaksanaanya dapat dikatakan berhasil. Beberapa penelitian menunjukan penerapan pendekatan Saintifik dapat dipadukan dengan model atau metode pembelajaran yang lainnya seperti Inkuiri, Discovery Learning serta dengan bantuan media pembelajaran yang tepat. Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi dalam menerapkan pendekatan Saintifik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENDEKATAN SAINTIFIK
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Dec 2021 01:44
Last Modified: 07 Dec 2021 01:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35604

Actions (login required)

View Item View Item