Pengaruh Provitabilitas, Likuiditas, dan Leverage terhadap Prediksi Financial Distress pada Perusahaan Jasa yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2019.

Fajrin, Reisa (2021) Pengaruh Provitabilitas, Likuiditas, dan Leverage terhadap Prediksi Financial Distress pada Perusahaan Jasa yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2019. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_REISA_FAJRIN_16059054_3887_2021.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Financial distress merupakan tahap penurunan kondisi keuangan perusahaan yang terjadi sebelum perusahaan mengalami kebangkrutan. Ada 3 faktor yang mempengaruhi financial distress yaitu: (1) Provitabilitas, (2) Likuiditas, (3) Leverage. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kausatif yakni penelitian yang menyelidiki kemungkinan hubungan sebab akibat dengan berdasarkan pengamatan dan mencari kembali faktor yang menjadi penyebabnya. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh Perusahaan Jasa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2019. Pemilihan sampel ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi yang dikumpulkan melalui situs BEI dan ICMD. Teknik analisis data menggunakan regresi logistik. Hasil analisis dari penelitian ini menyatakan bahwa (1) Profitabilitas memiliki arah negatif dan tidak berpengaruh terhadap prediksi financial distress perusahaan jasa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, (2) Likuiditas memiliki arah negatif dan berpengaruh signifikan terhadap prediksi financial distress perusahaan jasa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, (3) Leverage memiliki arah positif dan berpengaruh signifikan terhadap prediksi financial distress perusahaan jasa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: FINANCIAL DISTRESS, RASIO KEUANGAN, PERUSAHAAN JASA, PROVITABILITAS, LIKUIDITAS
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 07 Dec 2021 01:44
Last Modified: 07 Dec 2021 01:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35599

Actions (login required)

View Item View Item