Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD Negeri 26 Painan Selatan

Antika, Mairani (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD Negeri 26 Painan Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_MAIRANI_ANTIKA_17129351_2999_2021.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil belajar siswa menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri 26 Painan Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 26 Painan Selatan dengan jumlah siswa 26 siswa, peneliti sebagai praktisi dan guru kelas sebagai observer, penelitian ini di laksanakan sebanyak II siklus dengan prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil peneltian menunjukkan bahwa dalam a) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) siklus I diperoleh rata-rata 85% (B), meningkat pada siklus II menjadi 95% (SB). b) Hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru siklus I diperoleh rata-rata 82,14% (B), meningkat pada siklus II menjadi 96,85% (SB). c) Hasil pelaksanaan pembelajaran aktivasi siswa siklus I diperoleh rata-rata 76,78% (C), meningkat pada siklus II menjadi 92,85% (SB). d) Hasil belajar siswa siklus I diperoleh rata-rata 74,1% (C), meningkat pada siklus II menjadi 86,9% (B). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Integrated reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri 26 Painan Selatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Dec 2021 02:22
Last Modified: 06 Dec 2021 02:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35586

Actions (login required)

View Item View Item