Resiliensi Akademik Siswa di SMP pada Masa Pembelajaran Daring

Hidayani, Maghfirah (2021) Resiliensi Akademik Siswa di SMP pada Masa Pembelajaran Daring. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_MAGHFIRAH_HIDAYANI_17006151_4843_2021.pdf

Download (504kB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 membuat proses pembelajaran yang tidak berjalan dengan semestinya, hal ini dapat menyebabkan kesulitan, ataupun tekanan bagi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Dalam situasi ini resiliensi sangat dibutuhkan oleh siswa untuk dapat mengikuti pembelajaran secara daring. Siswa yang memiliki resiliensi yang tinggi dapat bangkit dan mampu bertahan walaupun dihadapkan dengan situasi yang sulit. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan resiliensi akademik siswa di SMP Negeri 3 Painan pada masa pembelajarandaring ditinjau dari aspek: Ketekunan, refleksi diri, mencari bantuan adaptif, dampak pengaruh negatif terhadap siswa dalam pembelajaran daring, respon emosional siswa dalam mengikuti pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 3 Painan berjumlah 156 siswa dengan sampel sebanyak 126 siswa yang dipilih dengan teknik proportional Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner resiliensi akademik dengan model skala likert, Pengolahan data dengan menggunakan aplikasi Microsoft excel. Hasil penelitian secara keseluruhan ini menunjukkan bahwa resiliensi akademik siswa pada masa pembelajaran daring di SMP Negeri 3 Painan paling tinggi pada kategori baik dengan persentase 50%. Jika ditinjau dari aspek ketekunan paling tinggi pada kategori baik dengan persentase 44.4%, aspek refleksi diri paling tinggi pada kategori baik dengan persentase 65%, aspek mencari bantuan adaptif paling tinggi pada kategori sedang dengan persentase 71.4%, aspek dampak pengaruh negatif terhadap siswa dalam pembelajaran daring paling tinggi pada kategori sedang dengan persentase 47.6%, aspek respon emosional berada kategori sedang dengan persentase 79.3%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN DARING
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Dec 2021 02:21
Last Modified: 06 Dec 2021 02:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35585

Actions (login required)

View Item View Item