Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Flash pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas IX SMP

Iskandar, M. Yakub (2021) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Flash pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas IX SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_M_YAKUB_ISKANDAR_17004131_4997_2021.pdf

Download (281kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk multimedia interaktif yang valid dan praktis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekrti kelas IX SMP Negeri 1 Sitiung. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) (R&D) mengunakan model pengembangan yang dikemukakan oleh Borg &Gall. Prosedur pengembangan pada penelitian ini ada 5 tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pengembangan Produk Awal, (3) Validasi Produk, (5) Uji Coba Produk, dan (5) Produk Akhir. Uji validaitas produk dilakukan oleh 3 orang validator, yaitu satu validator ahli materi dan dua orang validator ahli media. Uji coba produk dilakukan kepada 20 orang siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sitiung dengan tujuan untuk mengetahui kepraktisan produk yang dikembangkan. Alat pengumpualan data adalah lembaran angket. Hasil uji validitas produk dari ahli materi mendapatkan nilai rata-rata 4,71 dengan kategori valid dan untuk aspek media mendapatkan nilai rata-rata 4,69 Dengan kategori valid. Hasil analisis uji coba kepraktisan memperoleh nilai rata rata 4,66 sehingga produkmultimedia interaktif berada pada kategori “Baik atau Praktis”. Berdasarkan hasil uji validitas dan praktikalitas dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif yang dihasilkan ini layak sehingga dapat digunakan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MULTIMEDIA INTERAKTIF
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Dec 2021 02:21
Last Modified: 06 Dec 2021 02:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35584

Actions (login required)

View Item View Item