Hubungan Self-Regulated Learning dengan Kecemasan Akademik Siswa pada Era New Normal

M. Fikri, M. Fikri (2021) Hubungan Self-Regulated Learning dengan Kecemasan Akademik Siswa pada Era New Normal. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_M_FIKRI_17006093_4899_2021.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran self-regulated learningdan mendeskripsikan gambaran kecemasan akademik siswa serta menguji hubungan antara self-regulated learning dengan kecemasan akademik siswa di SMA N 2 Kota Padang. Jenis penelitian iniadalah deskriptif korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 454 orang siswa yang terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021 dengan sampel sebanyak 213 orang, yang dipilih dengan teknik Stratified Random Sampling.Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket self-regulated learning dan angket kecemasan akademik siswa model Skala Likert. Data diolah menggunakan teknik analisis statistik deskriptif danuntuk menguji hubungan data di analisis mengunakan rumus Pearson Product Moment dengan program Statical Productand ServiceSolution(SPSS) version20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat self-regulated learning siswa di SMA N 2 Kota Padangberada pada kategori tinggi dengan persentase 51,6%, (2) tingkat kecemasan akademik siswa di SMA N 2 Kota Padangberada pada kategori rendah dengan persentase 56,3%, (3) terdapat hubungan yang signifikan dan negatifantara self-regulated learning dengan kecemasan akademik siswa di SMA N 2 Kota Padang dengan besar korelasi -0,417 yang berada pada kategori sedang dan signifikansi 0,001.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SELF-REGULATED LEARNING
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Dec 2021 02:21
Last Modified: 06 Dec 2021 02:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35583

Actions (login required)

View Item View Item