Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Online Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX Di SMP Negeri 28 Padang”

Oktarini, Mira (2021) Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Online Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX Di SMP Negeri 28 Padang”. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_03_MIRA_OKTARINI_4638_17004021_2021.pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan proses pembelajaran yang dilakukan di SMPN 28 Padang, ditemui beberapa permasalahan pembelajaran yang berdampak pada hasil belajar siswa kelas IX masih banyak yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 75, untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri berbasis online saat pembelajaran. Penerapan pembelajaran inkuiri berbasis online diharapkan mampu membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan inkuiri berbasis online terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas IX di SMPN 28 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif quasy experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX Tahun Ajaran 2021/2022. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari kelas IX 7 sebanyak 30 orang peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas IX 8 sebanyak 30 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah hasil belajar pada mata pelajaran IPS berupa pilihan ganda 20 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran inkuiri berbasis online adalah 77,33 ini lebih tinggi dibandingkan dari nilai rata-rata kelas kontrol 67,5. Maka berdasarkan perhitungan uji-t dapat diperoleh bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,292 > 2,00 dengan dibuktikan pada taraf signifikansi α 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri berbasis online efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IX pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 28 padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri, Hasil Belajar, dan IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 06 Dec 2021 02:21
Last Modified: 06 Dec 2021 02:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35578

Actions (login required)

View Item View Item