Pengaruh Penambahan Variasi Zat Aditif pada Bahan Bakar Pertamax terhadap Kosumsi Bahan Bakar dan Kandungan Emisi Gas Buang pada Sepeda Motor

Priwira, Yoda (2021) Pengaruh Penambahan Variasi Zat Aditif pada Bahan Bakar Pertamax terhadap Kosumsi Bahan Bakar dan Kandungan Emisi Gas Buang pada Sepeda Motor. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_11_YODA_PRIWIRA_17073140_3417_2021.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Salah satu cara untuk mengurangi dampak negatif dari penggunaan bahan bakar yang memiliki angka oktan rendah adalah dengan mencampurkan senyawa oksigenat (organik beroksigen) seperti zat aditif. Meningkatnya jumlah pemakaian bahan bakar pada kendaraan bermotor membuat meningkatnya pula jumlah emisi gas buang yang dihasilkan. Zat yang dihasilkan dari pembakaran pada mesin bersifat polutan seperti gas Sulfur Dioksida (SO2), Karbon Monoksida (CO), Hidro Carbon (HC), Nitrogen Oksida (NOX) dan jenis polutan lainnya yang dapat mencemari lingkungan dan makluk hidup. Adanya zat aditif yang mampu menambah nilai octan pada bahan bakar sehingga mampu menekan konsumsi bahan bakar dan kandungan emisi gas buang yang berbahaya menjadikan focus ketetarikan penulis. Diantara zat tersebut yang di gunakan dalam pengujian adalah OctoNoz, RPM Racing dan, ECO Racing. Hasil pengujian dari disetiap tingkat kecepatan putaran mesin menunjukkan bahwa penambahan zat akditif merek RPM racing pada bahan bakar pertamax memberikan pengaruh yang paling besar terhadap penurunan kosumsi bahan bakar dan kadar emisi gas buang CO dan HC. Pengujian ini dilakukan pada sepeda Motor Honda Beat 110 PGM-FI. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penambahan zat aditif tersebut maka, penelitian ini menggunakan desain eksperimen randomized control-group posttest only design.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Otomotif S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:27
Last Modified: 03 Dec 2021 02:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35559

Actions (login required)

View Item View Item