Pengembangan Modul Berbasis Digital Menggunakan Aplikasi Flip Pdf Professional pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar

Ummi, Kuntum Khaira (2021) Pengembangan Modul Berbasis Digital Menggunakan Aplikasi Flip Pdf Professional pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_KUNTUM_KHAIRA_UMMI_17129149_4991_2021.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis, dan menghasilkan modul pembelajaran berbasis digital menggunakan aplikasi Flip PDF Professional pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V sekolah dasar yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE. Proses penelitian menggunakan model ADDIE ini terdiri dari lima langkah yaitunya: analisis (analizis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (Implementation), evaluasi (evaluation). Modul digital yang dirancang kemudian divalidasi oleh validator menggunakan lembar validasi berupa angket. Validasi produk terdiri dari validasi ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Untuk praktikalitas produk dilakukan dengan pengisian angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba produk di UPTD SD Negeri 04 Koto Tangah Batu Hampa, dan subjek penelitian produk di UPTD SD Negeri 01 Koto tangah Batu Hampa. Hasil dari penelitian pengembangan modul berbasis digital memperoleh tingkat kevalidan 85,75% dari aspek materi, 89% dari aspek media dan 83% dari aspek bahasa dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil respon guru dan juga hasil respon peserta didik di sekolah uji coba dapat diketahui bahwa pembelajaran menggunakan modul berbasis digital sangat praktis dengan persentase kepraktisan dari respon guru di sekolah uji coba adalah 92,8% dan persentase kepraktisan dari respon peserta didik di sekolah uji coba adalah 90%. Persentase respon guru disekolah penelitian adalah 89,3% dan persentase respon peserta didik di sekolah penelitian adalah 91%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul berbasis digital menggunakan aplikasi Flip PDF Professional di Kelas V Sekolah Dasar telah dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODUL DIGITAL
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:27
Last Modified: 03 Dec 2021 02:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35557

Actions (login required)

View Item View Item