Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 01 Koto Tangah Simalanggang Kabupaten Lima Puluh Kota

Zahra, Floriani (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 01 Koto Tangah Simalanggang Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_FLORIANI_ZAHRA_17129331_4941_2021.pdf

Download (375kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Discovery Learning dikelas IV SDN 01 Koto Tangah Simalanggang Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN 01 Koto Tangah Simalanggang Kabupaten Lima Puluh Kota. Subjek penelitian yaitu guru kelas dan peserta didik yang berjumlah 24 orang, yang terdiri dari 16 orang peserta didik laki-laki, 8 orang peserta didik perempuan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif.Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari dua pertemuan, dan siklus II satu pertemuan.Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Intrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar observasi, lembar tes, non tes. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar tematik terpadu peserta didik. Hal ini dilihat dari : RPP siklus I pertemuan 1 79,84%, pertemuan 2 88,63%, rata-rata 84,23%, siklus II 95,45%. Hasil pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I pertemuan 1 80,55%, pertemuan 2 88,88%, rata-rata 84,71, siklus II 94,44%. Hasil pelaksanaan pembelajaran aspek peserta didik siklus I pertemuan 1 77,77%, pertemuan 2 88,88%, rata-rata 83,32%, siklus II yaitu 94,44%. Hasil belajar siklus I pertemuan 1 rata-rata 67,656, pertemuan 2 78,526, rata-rata siklus I 73,95. Rata-rata siklus II 86,338. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dikelas IV.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL DISCOVERY LEARNING
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:25
Last Modified: 03 Dec 2021 02:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35550

Actions (login required)

View Item View Item