Peningkatan Hasil Belajar Peerta Didik Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading Composision (CIRC) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di kelas IV SDN 05 Pangkalan Koto Baru

Fitria, Fitria (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peerta Didik Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading Composision (CIRC) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di kelas IV SDN 05 Pangkalan Koto Baru. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_FITRIA_17129330_3096_2021.pdf

Download (505kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menerapkan model Cooperative Integrated Reading Composision (CIRC) di kelas IV SDN 05 Pangkalan Koto Baru. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 05 Pangkalan Koto Baru dengan subjek penelitian adalah guru beserta peserta didik kelas IV. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitianya Penelitia Tindakan Kelas (PTK).penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik analis data mrnggunakan teknik kualitatif dan teknik kuantitatif. Data berupa perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model CIRC, hasil belajar dalam pembelajaran tematik meliputi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Penelitian ini memperoleh hasil sebagai berikut: 1) Penilaian RPP mengalami peningkatan denganpersentase77% (C) saat pembelajaran siklus I pertemuan 1 meningkat dengan persentase 88% (B) di pertemuan dua dan lebih meningkat pada siklus dua menjadi 100% (SB). 2) pengamatan aktivitas guru meningkat yaitu dengan persentase 88% (B) di siklus I meningkat 100% siklus II. 3) pengamatan Aktivitas peserta didik meningkat dari 88% (B) di siklus I meningkat dengan persentase 100% (SB) di sikus II. Sedangkan hasil belajar peserta didik siklus I dengan rata-rata 72,5 rata-rata keterampilan siklus I dengan rata-rata 64,65, rata-rata pengetahuan siklus II dengan rata-rata 81,14, rata-rata keterampilan siklus II dengan rata-rata 90,75. Sedangkan untuk penilaian sikap terdapat 2 orang peserat didik yang menonjol yaitu 1 peserta didik yang perlu bimbingan dan 1 peserta didik yang diapresiasi ini terjadi pada siklus 1 dan siklus II. Dapat disimpulkan bahwa pada penelitian dengan menerapkan model Cooperative Integrated Reading composision dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada tematik terpadu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSISION
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:25
Last Modified: 03 Dec 2021 02:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35548

Actions (login required)

View Item View Item