Strategi Guru dalam Pembelajaran Seni Budaya (Musik Tradisional) Di SMAN 1 X Koto Singkarak

Fernanda, Willy (2021) Strategi Guru dalam Pembelajaran Seni Budaya (Musik Tradisional) Di SMAN 1 X Koto Singkarak. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_WILLY_FERNANDA_17023081_4920_2021.pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini bertempat di SMAN 1 X Koto Singkarak. Objek penelitian adalah strategi Guru dalam pembelajaran seni budaya (musik tradisional) di kelas x (sepuluh) SMAN 1 X Koto Singkarak tahun ajaran 2020/2021. Data yang peneliti peroleh bersumber dari perangkat pembelajaran yang telah disusun oleh guru mata pelajaran seni budaya di SMAN 1 X Koto Singkarak dan diintegrasikan dengan data wawancara, observasi, dan study pustaka. Analisis data yang peneliti lakukan secara kualitatif dengan mengaitkan data perangkat pembelajaran dan data hasil wawancara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Guru dalam Pembelajaran Seni Budaya (Musik Tradisional) di SMA N 1 X Koto Singkarak. Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi pembelajaran yang ditetapkan guru di SMAN 1 X Koto Singkarak di kelas x dilakukan berdasarkan kurikulum 2013 yang telah dilaksanakan pada tahun 2014. Tujuan pembelajaran yang ditetapkan dan yang diharapkan dalam pembelajaran seni musik tradisional yang disusun oleh guru seni budaya di SMAN 1 X Koto Singkarak belum tercapai dengan maksimal, masih ada beberapa point-point penting dalam pembelajaran yang harus lebih ditingkatkan lagi. Merujuk pada pelaksanaan proses pembelajaran dapat dilihat dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan tahap mengevaluasi pembelajaran belum terlaksana dengan baik. Seperti dalam pemilihan metode yang bervariasi guru tidak menetapkan berdasarkan karakteristik peserta didik di dalam kelas, dalam penyampaian materi pembelajaran guru masih terpaku pada sumber belajar dari buku cetak pembelajaran yang dimilikinya tanpa adanya pengembangan wawasan pengetahuan yang bisa menumbuh kembangkan pola pikir peserta didik terhadap materi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:25
Last Modified: 03 Dec 2021 02:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35547

Actions (login required)

View Item View Item