Keefektifan Kalimat dalam Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMAN 13 Padang

Syahfitri, Wilda (2021) Keefektifan Kalimat dalam Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMAN 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_WILDA_SYAHFITRI_17016050_3915_2021.pdf

Download (427kB) | Preview

Abstract

Penggunaan kalimat efektif harus diterapkan dengan baik, terutama di sekolah. Hal ini dilakukan karena tuntutan Kurikulum 2013 pada pembelajaran berbasis teks. Penguasaan kalimat efektif dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa. Permasalahan dalam keterampilan menulis efektif juga masih banyak ditemukan. Kalimat yang digunakan siswa dalam menulis masih belum efektif dan siswa kurang mampu menggunakan kata dengan tepat sehingga kalimat yang disusun menjadi tidak efektif. Tujuan penelitian ini ada lima. Pertama, mendeskripsikan keefektifan kalimat dari segi struktur kalimat. Kedua, mendeskripsikan keefektifan kalimat dari segi kelogisan makna. Ketiga mendeskripsikan keefektifan kalimat dari segi kebakuan kata. Keempat, mendeskripsikan kalimat dari segi kehematan kata. Kelima, mendeskripsikan kalimat dari segi ketepatan ejaan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah kalimat dalam teks eksplanasi siswa kelas XI SMAN 13 Padang. Selanjutnya, sumber data dalam penelitian ini adalah dua puluh lima tugas siswa dalam menulis teks eksplanasi kelas XI SMAN 13 Padang tahun ajaran 2020/2021. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahap. Pertama, mengidentifikasi gambaran umum data yang dianalisis berdasarkan nama siswa yang telah diurutkan dan nomor urut siswa. kedua, mengidentifikasi gambaran umum data berdasarkan nomor urut siswa, judul teks eksplanasi, dan jumlah kalimat dalam teks eksplanasi yang akan dianalisis. Hasil penelitian ini ada lima. Pertama, keefektifan kalimat dilihat dari segi kejelasan struktur terdapat 15% dari total 421 kesalahan. Kedua, keefektifan kalimat dilihat dari segi kelogisan makna terdapat 16% dari total 421 kesalahan. Ketiga, keefektifan kalimat dilihat dari segi kebakuan kata terdapat 17% dari total 421 kesalahan. Keempat, keefektifan kalimat dari segi kehematan kata terdapat 27% dari total 421 kesalahan. Kelima, keefektifan kalimat dilihat dari segi penggunaan ejaan yang termasuk di dalamnya penggunaan huruf kapital, tanda baca titik, dan koma terdapat 24% dari total 421 kesalahan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keefektifan kalimat dalam teks eksplanasi siswa kelas XI SMAN 13 Padang berada dikualifikasi buruk. tersebut dibuktikan dengan adanya 234 kalimat yang ditemukan dalam penelitian ini, hanya 76 atau 32% kalimat efektif, sedangkan 158 atau 68% kalimat tidak efektif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:25
Last Modified: 03 Dec 2021 02:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35546

Actions (login required)

View Item View Item