Hubungan Sikap Orangtua dengan Perkembangan Sosial Emosional Remaja di SMPN 6 Bukittinggi

Fauziah, Febriella (2021) Hubungan Sikap Orangtua dengan Perkembangan Sosial Emosional Remaja di SMPN 6 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_FEBRIELLA_FAUZIAH_17006133_4093_2021.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan perkembangan sosial emosional remaja, (2) mendeskripsikan sikap orangtua, dan (3) menguji signifikansi hubungan sikap orangtua dengan perkembangan sosial emosional remaja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan korelasional. Populasi penelitian adalah sebanyak 421 orang siswa kelas VII dan VIII SMPN6Bukittinggi dan sampel sebanyak 206 orang siswa dengan menggunakanteknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner sikap orangtua dan perkembangan sosial emosional remaja. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan teknik Pearson Product Moment untuk mengetahui hubungan sikap orangtua dengan perkembangan sosial emosional siswa melalui program statistik SPSS for windows release 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sikap orangtua siswa pada umumnya berada pada kategori sedang, (2) perkembangan sosial emosional siswa pada umumnya berada pada kategori sedang, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara sikap orangtua dengan perkembangan sosial emosional siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, sikap orangtua menjadi alternatif yang perlu diperhatikan dalam membantu permasalahan-permasalahan dalam tahap perkembangan sosial emosional remaja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 Dec 2021 06:54
Last Modified: 02 Dec 2021 06:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35536

Actions (login required)

View Item View Item