Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Inkuiri di Kelas V SD Negeri 04 Batu Balang Kabupaten Lima Puluh Kota

Fadhila, Fani (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Inkuiri di Kelas V SD Negeri 04 Batu Balang Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_FANI_FADHILA_17129325_2992_2021.pdf

Download (321kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Inkuiri di kelas V SD Negeri 04 Batu Balang Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Negeri 04 Batu Balang Kabupaten Lima Puluh Kota. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas dan peserta didik yang berjumlah 25 orang peserta didik. Yang terdiri dari 16 orang peserta didik laki-laki dan 9 orang peserta didik perempuan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif, Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari satu kali pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar observasi, lembar tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar tematik terpadu peserta didik. Hal ini dapat dilihat pada : a) RPP siklus I pertemuan I 77.7% (C), siklus I pertemuan II 83.3% (B) dengan rata-rata hasilnya 80.5% (B), meningkat pada siklus II 94.4% (SB). b) hasil pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I pertemuan I adalah 78.1% (C), siklus I pertemuan II 87.5 % (B), siklus II 93.7% (SB). c) hasil pelaksanaan pembelajaran aspek peserta didik siklus I pertemuan I 75% (C), Siklus I pertemuan II 84.3% (B), siklus II 90,6% (SB). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL INKUIRI
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 Dec 2021 06:54
Last Modified: 02 Dec 2021 06:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35535

Actions (login required)

View Item View Item