Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Reputasi KAP dan Profitabilitas terhadap Underpricing Saham pada Saat Initial Public Of ering (IPO) (Studi Empiris pada Perusahaan yang Melakukan Penawaran Umum Perdana di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020).

Maulidya, Rahmah (2021) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Reputasi KAP dan Profitabilitas terhadap Underpricing Saham pada Saat Initial Public Of ering (IPO) (Studi Empiris pada Perusahaan yang Melakukan Penawaran Umum Perdana di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_RAHMAH_MAULIDYA_19043184_2350_2021.pdf

Download (73kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, reputasi KAP, profitabilitas baik secara parsial maupun secara simultan terhadap underpricing saham pada perusahaan yang melakukan Initial Public Of ering (IPO) di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang melakukan Initial Public Of ering (IPO) di Bursa Efek Indonesia periode 2017 – 2020 yaitu 192 perusahaan. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dimana perusahaan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 176 perusahaan. Jenis data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari website www.idx.co.id. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial variabel reputasi KAP berpengaruh terhadap underpricing saham sedangkan ukuran perusahaan, umur perusahaan, profitabilitas tidak berpengaruh terhadap underpricing saham. Berdasarkan uji simultan atau secara bersama-sama variabel ukuran perusahaan, umur perusahaan, reputasi KAP dan profitabilitas berpengaruh terhadap underpricing saham.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, SAHAM PERUSAHAAN
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 02 Dec 2021 06:54
Last Modified: 02 Dec 2021 06:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35533

Actions (login required)

View Item View Item