Ketersediaan Koleksi Muatan Lokal dalam Meningkatkan Literasi Masyarakat Tentang Kearifan Lokal di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang

Martinus, Sri Wulandari (2021) Ketersediaan Koleksi Muatan Lokal dalam Meningkatkan Literasi Masyarakat Tentang Kearifan Lokal di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_SRI_WULANDARI_MARTINUS_17234061_4866_2021.pdf

Download (449kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) ketersediaan koleksi muatan lokal dalam meningkatkan literasi informasi masyarakat tentang kearifan lokal di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang; (2) kendala dalam meningkatkan literasi informasi masyarakat tentang kearifan lokal di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang; dan (3) upaya dalam meningkatkan literasi informasi masyarakat tentang kearifan lokal di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara dengan Kepala Dinas Perpustakaan beserta Staf Pembantu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, dalam melakukan ketersediaan koleksi muatan lokal perpustakaan memperhatikan indikator ketersediaan koleksi perpustakaan diantaranya. (1) kerelevanan, ketersediaan koleksi muatan lokal di perpustakaan relevan dengan kebutuhan pengguna terkait koleksi muatan lokal; (2) berorientasi kepada pengguna, ketersediaan koleksi muatan lokal di perpustakaan berkaitan dengan kebutuhan informasi pengguna; (3) kelengkapan koleksi, kelengkapan koleksi muatan lokal di perpustakaan masih belum lengkap karena hanya ada dalam bentuk cetak; (4) rasio judul, pemakai dan spesialis bidang. Rasio antara judul koleksi muatan lokal di perpustakaan dengan pengguna saat ini masih terbatas; (5) tidak bertentangan dengan politik, ideologi, agama atau keyakinan, ras maupun golongan. Ketersediaan koleksi muatan lokal yang ada di perpustakaan tidak bertentangan dengan politik, ideologi, agama maupun ras dan golongan yang ada; (6) objek keilmuan, ketersediaan koleksi muatan lokal di perpustakaan disesuaikan dengan visi misi lembaga induknya untuk mencapai tujuan dan sasaran. Kedua, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang memiliki kendala, yaitu: (1) kurangnya tenaga pustakawan fungsional dalam melakukan kegiatan pembinaan; (2) pengguna yang mencari koleksi muatan lokal masih sangat terbatas; (3) kurangnya peran aktif masyarakat. Ketiga, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang melakukan beberapa upaya dalam meningkatkan literasi informasi masyarakat tentang kearifan lokal Padang Panjang, yaitu: (1) mengadakan kegiatan pelatihan adat; dan (2) melakukan pembinaan ke Taman Bacaan Masyarakat (TBM).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Koleksi Perpustakaan, Literasi
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 02 Dec 2021 06:53
Last Modified: 02 Dec 2021 06:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35531

Actions (login required)

View Item View Item