Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1 sampai 5 Melalui Media Busy Book bagi Anak Tunagrahita Ringan

Hartati, Peby Tri (2021) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1 sampai 5 Melalui Media Busy Book bagi Anak Tunagrahita Ringan. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_02_PEBY_TRI_HARTATI_1984_17003025_2021.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ditemukan di kelas I/C yaitu terdapat seorang anak tunagrahita ringan yang mengalami kesulitan dalam mengenal lambang bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1 sampai 5 dengan menggunakan media busy book. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen berbentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini, yaitu anak tunagrahita ringan di kelas I/C SLBN 1 Painan. Variabel penelitian meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1 sampai 5. Teknik dalam pengumpulan data berupa tes dan alat pengumpulan data soal tes. Teknik analisis data yang digunakan analisis visual grafik. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1 sampai 5 meningkat setelah menggunakan media busy book pada anak tunagrahita ringan. Dibuktikan dengan adannya peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan dari kondisi baseline ke kondisi setelah diberikan intervensi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 02 Dec 2021 06:49
Last Modified: 02 Dec 2021 06:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35525

Actions (login required)

View Item View Item