Mengurangi Perilaku Negatif Anak Gangguan Spektrum Autisme Melalui Prosedur Aversi di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sumatera Utara

Nasution, Melia Zulfa (2021) Mengurangi Perilaku Negatif Anak Gangguan Spektrum Autisme Melalui Prosedur Aversi di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sumatera Utara. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_02_MELIA_ZULFA_NASUTION_3485_17003135_2021.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan pada saat dilapangan yang mana ditemukan anak gangguan spektrum autisme memiliki perilaku negatif menjilat tangan tangan. Penelitian bertujuan membuktikan apakah prosedur aversi yang sudah dimodifikasi menggunakan jamu dapat mengurangi perilaku negatif pada anak gangguan spektrum autisme di SLB-E Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sumatera Utara.Penelitian ini bertujuan membuktikan apakah prosedur aversi efektif dalam mengurangi perilaku negatif menjilat tangan pada anak gangguan spectrum autism kelas IV di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen yaitu Single Suject Research (SSR) dengan menggunakan desain A-B-A. kondisi A1 yaitu pada kondisi baseline sebelum diberikan intervensi menggunakan jamu yang disemprotkan ketangan anak. Kondisi A2 pada saat kondisi baseline tidak lagi diberikan intervensi. Disini teknik yang digunakan yaitu teknik visual grafik.Hasil penelitian dianalisis menggunakan dua komponen yaitu analisis dalam kondisi serta antarkondisi.Kecendrungan arah, arah stabilitas, jejak data, juga overlap. data dari 17 kali pertemuan dalam 3 kondisi yaitu pada baseline (A1) mendapatkan hasil7, 9, 5, 5, 5. Tahap Intervesi (B) mendapatkan hasil 5, 8, 6, 5, 3, 3, 3. Selanjutnya baseline (A2) 5, 4, 2, 2, 2. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa prosedur aversi yang sudah dimodifikasi menggunakan jamu efektif dalam mengurangi perilaku negatif menjilat tangan pada Anak Gangguan Spektrum Autisme.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 02 Dec 2021 06:49
Last Modified: 02 Dec 2021 06:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35523

Actions (login required)

View Item View Item