Efektivitas Model Direct Intruction Dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Dessert Box Brownies Bagi Siswa Tunarungu Kelas Xi DiSLBN 1 Linggo Sari Baganti

Maharani, Fahmi (2021) Efektivitas Model Direct Intruction Dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Dessert Box Brownies Bagi Siswa Tunarungu Kelas Xi DiSLBN 1 Linggo Sari Baganti. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_02_FAHMI_MAHARANI_3738_16003015_2021.pdf

Download (281kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan pembahasan tentang permasalahan yang ditemukan penulisdi SLB N 1 Linggo Sari Baganti. Penelitian ini membahas tentang bagaimana kegiatan pembelajaran tata boga yang diajarkan belum banyak inovasi. Melihat dari permsalahan tersebut, penulis mencoba mengajarkan membuat jenis keterampilan tata boga yang berbeda dan cara pengajaran yang berbeda yaitu membuat dessert box brownies. Penelitian ini menggunakan model penelitian eksperimen dalam bentuk Pre eksperimen design dengan jenis one group pretest-posttets. Teknik pengumpulan data adalah berbentuk tes perbuatan berupa pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa dalam membuat dessert box brownies, selanjutnya diberikan Treatment dengan menggunakan modeldirect intruction dan dilanjutkan dengan Posttest untuk melihat kemampuan siswa setelah diberi perlakuan diolah dan dibandingkan dengan menggunakan uji Wilcoxon Rank Test. Hasil penelitian uji statistik yang telah dianalisis menggunakan program SPSS 23 penelitian data diperoleh rata-rata pada saat pretest yaitu 50.50 sedangkan untuk postest terdapat peningkatan yakni menjadi 84,00. Data diolah lebih ilmiah menggunakan uji wilcoxon diperoleh nilai rank tast antara pretest dan postest 2,032 dengan Asymp. Sig (2-tailed) 0,042. Probalitas yang telah ditetapkan α = 0,05. Hipotesis alternatif diterima karena probalitas<dari probalitas yang telah ditetapkan yakni 0,042<0.05. Dapat disimpulkan, terbukti bahwa penggunaan model direct intruction efektif dalam meningkatkan keterampilan vokasional membuat dessert box brownies pada siswa tunarungu. Diharapkan agar guru dapat dapat digunakan model direct intuction dalam pembelajaran keterampilan vokasional bagi siswa tunarungu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 02 Dec 2021 06:47
Last Modified: 02 Dec 2021 06:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35520

Actions (login required)

View Item View Item