Meningkatkan Keterampilan Menulis dengan Media Buku Bergaris Tiga pada Anak Berkesulitan Belajar Menulis Kelas III di SDN 07 Binuang Kampung Dalam Padang

Al Paisal., Erix (2021) Meningkatkan Keterampilan Menulis dengan Media Buku Bergaris Tiga pada Anak Berkesulitan Belajar Menulis Kelas III di SDN 07 Binuang Kampung Dalam Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_02_ERIX_ AL PAISAL_3238_17003087_2021.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Menulis adalah sebuah komunikasi bahasa verbal yang menggunakan tulisan sebagai media perantaranya. Tidak semua orang memiliki keterampilan menulis yang baik, termasuk anak disgrafia. Anak disgrafia mengalami hambatan dalam menuangkan ide dan gagasan dalam membuat huruf dan simbol-simbol, oleh karena itu untuk meningkatkan keterampilan anak dalam menulis maka dibutuhkan sebuah media pengajaran yang tepat, salah satunya media buku bergaris tiga. Media buku bergaris tiga disajikan dengan garis-garis bewarna yang membantu anak dalam menulis.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen berbentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang anak disgrafia kelas III di SDN 07 Binuang Kampung Dalam Padang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berupa tes dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis visual grafik.Hasil penelitian menunjukkan keterampilan menulis kalimat sederhana meningkat setelah menggunakan media buku bergaris tiga padaanak disgrafia. Dibuktikan dengan meningkatnya keterampilan menulis kalimat sederhana dari kondisi baseline ke kondisi setelah diberikan intervensi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Menulis Kalimat, Buku Bergaris Tiga, Disgrafia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 02 Dec 2021 06:47
Last Modified: 02 Dec 2021 06:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35519

Actions (login required)

View Item View Item