Wiranda, Destri (2021) Pengembangan Media Kotak Hitung Untuk Meningkatkan Kemampuan Pengurangan Peserta Didik Diskalkulia. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
|
Text
A_02_DESTRI_WIRANDA_2082_16003071_2021.pdf Download (202kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, validitas, dan kepraktisannya media kotak hitung untuk meningkatkan kemampuan proses kerja pengurangan peserta didik diskalkulia kelas II SD. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Mulyatiningsih, 2011) Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Instrument penilaian dalam penelitian ini berupa angket dan respon pendidik, dokumentasi serta penilaian kemampuan peserta didik. Subjek penelitian yaitu ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran bagi peserta didik diskalkulia, ahli teknik, pendidik dan salah satu peserta didik diskalkulia. Penilaian validasi produk dari para ahli digabung dan dianalisis menggunakan rumus dalam (Florensia, 2018) sehingga mendapatkan skor sebesar 91, 86 % dengan kriteria sangat valid dan keterangan tidak perlu revisi kemudian praktikalitas produk dari respon pendidik mendapatkan skor sebesar 95 % dan hasil respon peserta didik mendapatkan skor sebesar 90 % kemudian dianalisis maka kategori praktikalitas media kotak hitung yaitu sangat praktis. Hasil respon pendidik ini terkait dengan kemudahan dan kemanfaatan media kotak hitung dengan melihat hasil belajar peserta didik menggunakan media kotak hitung untuk proses kerja pengurangan. Dengan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa media kotak hitung sudah dapat digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas dalam meningkatkan kemampuan pengurangan peserta didik diskalkulia
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengurangan, Media Kotak Hitung, Peserta Didik Diskalkulia |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1 |
Depositing User: | Mrs Risna Juita |
Date Deposited: | 02 Dec 2021 06:46 |
Last Modified: | 02 Dec 2021 06:47 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35515 |
Actions (login required)
View Item |