Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik terpadu dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SD Negeri 07 Enam Lingkung

Saputri, Desi Yusmita (2021) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik terpadu dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SD Negeri 07 Enam Lingkung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_DESI_YUSMITA_SAPUTRI_17129016_4643_2021.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan menggunakan Model problem based learning (PBL) di Kelas V SD Negeri 07 Enam Lingkung. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahap yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru (peneliti) dan peserta didik dengan jumlah 19 orang. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model problem based learning. Teknik yang digunakan adalah Observasi rencana pelaksanaan pembelajaran dan observasi pelaksanaan proses pembelajaran tematik terpadu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasilpengamatan RPP siklus I adalah 83,33% (B) meningkat pada siklus IImenjadi 94,44% (SB). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas guru rata-rata 85,71% (B) dan meningkat pada siklus II menjadi 92,85% (SB). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas peserta didik rata-rata 82,14% (B) meningkat pada siklus II menjadi 92,85% (SB). Hasil belajar peserta didik pada siklus I rata-rata 76,94 (C) meningkat pada siklus II menjadi 90,84 (SB). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan proses pembelajaran peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PROBLEM BASED LEARNING
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 Dec 2021 06:46
Last Modified: 02 Dec 2021 06:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35514

Actions (login required)

View Item View Item