Analisis Kedalaman Materi dan Penerapan Pendekatan Saintifik pada Buku Ajar Edupark Fisika Air Panas Semurup Kerinci Untuk SMA/MA

Wulandari, Yuni (2021) Analisis Kedalaman Materi dan Penerapan Pendekatan Saintifik pada Buku Ajar Edupark Fisika Air Panas Semurup Kerinci Untuk SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_YUNI_WULANDARI_16033039_3199_2021.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kedalaman materi dan penerapan pendekatan saintifik pada buku ajar Edupark fisika Air Panas Semurup Kerinci. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah buku Edupark Fisika penelitian pengembangan Thesis S2. Untuk buku standar yang digunakan adalah buku yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Sampel dalam penelitian ini adalah Buku Ajar Edupark Fisika Air Panas Semurup Kerinci dan buku standar yang digunakan yaitu buku Fisika kelas XI SMA/MA yang disusun oleh Tri Widodo. Data pada penelitian diambil menggunakan instrumen penelitian dan teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat kedalaman materi pada buku Edupark lebih tinggi yaitu sebesar 79,87 % dibandingkan buku TW yaitu sebesar 66,30 % dan sama-sama memiliki kategori sesuai. Sedangkan untuk hasil penelitian penerapan pendekatan saintifik buku ajar Edupark lebih rendah yaitu sebesar 34,84% dibandingkan buku TW yaitu sebesar 38,27 % akan tetapi memiliki kategori sama yaitu kurang sesuai. Dapat disimpulkan bahwa buku ajar Edupark Air Panas Semurup Kerinci tingkat kedalaman materi sudah memiliki kategori sesuai berdasarkan penilaian butir indikator BSNP 2014. Sedangkan untuk penerapan pendekatan saintifik buku Edupark masih banyak yang belum menerapkan langkah-langkah pendekatan saintifik berdasarkan butir penilaian Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Dec 2021 07:05
Last Modified: 01 Dec 2021 07:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35495

Actions (login required)

View Item View Item