Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Brain Based Learning pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMP

Fitri, Yulia Rahma (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Brain Based Learning pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_YULIA_RAHMA_FITRI_16029142_3246_2021.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang berbasis model pembelajaran Brain Based learning yang valid dan praktis guna meningkat kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal kontekstual di kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari 3 tahapan yaitu preliminary research, prototyping phase, dan assessment phase. Pada preliminary research dilaksanakan analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis kurikulum, dan analisis konsep. Pada prototyping phase dilaksanakan evaluasi formatif yang terdiri atas self evaluation, expert review, dan one to one evaluation. Expert review dilakukan oleh pakar pendidikan matematika. Pada fase one to one evaluation perangkat pembelajaran diuji cobakan pada 3 orang peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman yang mempunyai kemampuan kognitif heterogen. Kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat dari hasil angket praktikalitas terhadap angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran Brain Based Learning yang dikembangkan memiliki kriteria valid dari segi isi dan kontruks. Perangkat pembelajaran sudah praktis dari segi keterlaksanaan, kemudahan dan waktu yang diperlukan, karena perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis model pembelajaran Brain Based Learning untuk peserta didik kelas VIII SMP pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Dec 2021 07:05
Last Modified: 01 Dec 2021 07:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35493

Actions (login required)

View Item View Item