Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Siswa terhadap Pembelajaran Seni Budaya (Tari) di SMA Muhammadiyah Bangkinang

Melati, Putri (2021) Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Siswa terhadap Pembelajaran Seni Budaya (Tari) di SMA Muhammadiyah Bangkinang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_PUTRI_MELATI_17023184_3920_2021.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang faktor-faktor penyebab rendahnya motivasi siswa terhadap pembelajaran seni budaya (tari) kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah Bangkinang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang yang bersifat deskriptif. Instrument utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan responden yaitu siswa di SMA Muhammadiyah Bangkinang. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi, dokumentasi, wawancara. Langkah-langkah menganalisis data, mendeskripsikan data, mengidentifikasi data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab rendahnya motivasi siswa terhadap pembelajaran seni budaya (tari) terdiri dari 2 faktor yaitu faktor siswa, dan faktor guru. Faktor siswa dapat dilihat 2 indikator yaitu keinginan dan perhatian yang hasil pengamatan dari pertemuan pertama sampai dengan pertemuan ketiga dikategorikan rendah yang berhubungan dengan dampak faktor guru yang artinya bahwa dengan tidak tepatnya penggunaan metode dan penggunaan media guru dalam mengajar berdampak pada kemampuan siswa dan respon siswa dalam mengikuti kegiatan proses pembelajaran seni tari. Motode yang digunakan guru tidak bervariasi membuat siswa tidak memperhatikan pembelajaran seni tari dan tidur di dalam kelas saat guru menyampaikan pembelajaran seni tari dan banyak siswa yang berbicara dengan teman sebangkunya. Sarana prasarana yang digunakan di SMA Muhammadiyah Bangkinang dalam proses pembelajaran seni tari tidak memadai sehingga motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran seni tari rendah dikarenakan ruang yang tidak tersedia dalam proses pembelajaran seni tari, akibatnya proses pembelajaran seni tari belum efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Siswa
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 01 Dec 2021 01:52
Last Modified: 01 Dec 2021 01:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35489

Actions (login required)

View Item View Item