Pelaksanaan Pembelajaran Olahraga Bocce bagi Anak Down Syndrome di SLB Negeri 1 Lubuk Basung

Annisa, Annisa (2021) Pelaksanaan Pembelajaran Olahraga Bocce bagi Anak Down Syndrome di SLB Negeri 1 Lubuk Basung. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_02_ANNISA_1985_17003003-2021.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya siswa down syndrome yang mempunyai prestasi dalam bidang olahraga bocce. Peneliti ingin mengetahui proses dalam pelaksanaan pembelajaran olahraga bocce yang diberikan guru kepada siswa down syndrome sehingga siswa tersebut dapat mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran olahraga bocce bagi anak down syndrome di SLB Negeri 1 LubukBasung. Fokusmasalahdalampenelitianiniuntukmelihat proses pembelajaran meliputi kegiatan perencanaan, kegiatan pelaksanaan dan evaluasi. Hal-hal yang dijadikan rumusanya itu kondisi factual pelaksanaan pembelajaran olahraga bocce bagi anak down syndrome, bentuk perencanaan pembelajaran pembelajaran olahraga bocce bagianak down syndrome, bentuk pelaksanaan pembelajaran olahraga bocce bagi anak down syndrome serta bentuk evaluasi pelaksanaan pembelajaran olahraga bocce. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pembimbing olahraga bocce. Teknik analisis data yang digunakana dalah melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, danverifikasi.Teknikpengumpulan data menggunakanwawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik keabsahan data menggunkan triangulasiteknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitianya itu anak down syndrome mampu melaksanakan proses pembelajaran olahraga bocce dibimbing oleh guru olahraga bocce sesuai dengan langkah-langkah dalam permainan olahraga. Kegiatan olahraga dilaksanakan satu kali dalam seminggu pada hari selasa.Bentuk perencanaan pembelajaran mempunyai kurikulum, silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) serta memperhatikan kesiapan siswas ebelum melaksanakan pembelajaran.Pelaksanaanpembelajaranmempunyaistrategidanpendekatansecaralangsung.Metode pembelajaran yang digunakanmetode drillyaitudenganmelaksanakanlatihansecaralangsungdanmetodedemonstrasisesuaidenganintruksi guru. Bentukdukungan yang diberikanolehpihaksekolahyaitutersedianyasaranadanprasarana di sekolahmeliputialatpermainanolahragaseperti bola bocce, bola pallina, alatukurkedekatan bola sertalapangansebagaiprasarana.Bentukevaluasipembelajaranmelakukanperbaikansecaralangsungdanteslisansaatpembelajaranberlangsung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 01 Dec 2021 01:52
Last Modified: 01 Dec 2021 01:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35488

Actions (login required)

View Item View Item