Meningkatkan keterampilan membuat celengan batok kelapa melalui metode explicit instruction berbasis analisis tugas bagi peserta didik tunagrahita ringan di kelas VIII SLB Ummi Khaira

Anisa, Anisa (2021) Meningkatkan keterampilan membuat celengan batok kelapa melalui metode explicit instruction berbasis analisis tugas bagi peserta didik tunagrahita ringan di kelas VIII SLB Ummi Khaira. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_02_ANISA_3481_17003081_2021.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana cara meningkatkan keterampilan membuat celengan batok kelapa bagi peserta didik tunagrahita ringan melalui metode exlipit instruction berbasis analisis tugas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas VIII SLB Ummi Khaira. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah di kelas VIII SLB Ummi Khaira sudah pernah belajar tentang proses pembuatan celengan batok kelapa, akan tetapi terdapat peserta didik yang memiliki nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal dikarenakan mereka belum terampil dalam membuat celengan batok kelapa tersebut. Penelitian ini akan dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes perbuatan. Adapun hasil yang diperoleh peserta didik menggunakan dua siklus yaitu nilai JT pada tindakan siklus I adalah 50% dan pada siklus II memperoleh nilai sebesar 78%. Peserta didik IS memperoleh nilai di siklus I sebesar 57% dan di siklus II 83%. Dan untuk peserta didik YA memperoleh nilai di siklus I sebesar 75% dan pada siklus II memperoleh nilai 87%. Berdasarkan dari data tersebut, kesimpulan dari keterampilan membuat celengan batok kelapa mengalami peningkatan yang signifikan melalui metode explicit instruction berbasis analisis tugas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan; Metode Explicit Instruction Berbasis Analisis Tugas; Tunagrahita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 01 Dec 2021 01:51
Last Modified: 01 Dec 2021 01:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35486

Actions (login required)

View Item View Item