Pengaruh Aplikasi Berbasis Mobile Android Dalam Meningkatan Kemampuan Pengucapan Fonem Peserta Didik Tunarungu (Quasi Experiment kelas VII di SLB Al-Azhar Bukittinggi)

Novelin, Afifa (2021) Pengaruh Aplikasi Berbasis Mobile Android Dalam Meningkatan Kemampuan Pengucapan Fonem Peserta Didik Tunarungu (Quasi Experiment kelas VII di SLB Al-Azhar Bukittinggi). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_02_AFIFA_NOVELIN_1934_17003046_2021.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ada di lapangan oleh peserta didik tunarungu dalam kemampuan pengucapan fonem vokal yang terdapat pada kata. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan aplikasi berbasis mobile android yang diberi nama “SayIt”, dimana pada aplikasi ini berisikan kata, gambar dari kata, dan animasi gif lip, yang berisikan pengucapan fonem vokal /a/, /i/, /u/, /e/, /o/ melalui kata benda. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan Pengaruh Aplikasi berbasis mobile android “SayIt” dalam meningkatan kemampuan pengucapan fonem peserta didik tunarungu. Subjek penelitian terdiri dari enam peserta didik tunarungu kelas VII di SLB Al-Azhar Bukittiggi. Jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan quasi eksperimen, desain one group pretest-posttest. Penelitian ini mengukur perlakuan sebelum dan sesudah di berikan treatment menggunakan uji statistik rumus Wilcoxon Sign Rank Test. Hasil dari penelitian ini diperoleh rata-rata pada saat pretest yaitu 56,4 dan rata-rata pada saat posttest terdapat peningkatan yakni dengan rata-rata 76. Kemudian data diolah dengan uji statistik Wilcoxon Sign Rank Test dengan itu diperoleh nilai Thitung = 0. Dengan perbandingan thitung ≤ ttabel , taraf signifikan = 0,05 dan n = 6, untuk ttabel = 0 dan tthitung = 0, maka perbandingannya adalah 0 ≤ 0 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dari pengolahan data tesebut dapat dimaknai bahwa Ada pengaruh aplikasi berbasis mobile android dalam meningkatkan pengucapan fonem vokal peserta didik tunarungu kelas VII di SLB Al-Azhar Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 01 Dec 2021 01:51
Last Modified: 01 Dec 2021 01:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35482

Actions (login required)

View Item View Item