Futriyani, Futriyani (2021) Moral Kerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Padang Menurut Persepsi Siswa. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
|
Text
A_01_FUTRIYANI_4883_17002122_2021.pdf Download (7kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilator belakangi dari hasil pengamatan selama praktek lapangan kependidikan penulis di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Padang yang menunjukan moral kerja guru menurut persepsi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang moral kerja guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Padang menurut persepsi siswa yang dilihat dari semangat guru dalam mengajar, disiplin guru dalam mengajar, dan Tanggung Jawab guru terhadap tugas yang diembannya. Ada 3 pertannyaan dalam penelitian ini, yaitu Seberapa baik semangat guru dalam mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Padang menurut persepsi siswa, Seberapa baik kedisiplinan guru dalam mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Padang menurut persepsi siswa, Seberapa baik tangunggung jawab guru terhadap tugasnya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Padang Padang menurut persepsi siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Padang dengan siswa yang berjumlah 353 orang dan sampel sebanyak 81 orang. Penarikan sampel ditentukan dengan menggunakan rumus slovin dan diambil dengan menggunakan teknik propotional random sampling.Instrument penelitian yang digunakan berupa kusioner dalam bentuk skala likert. Kuesioner tersebut sudah diuji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil pengolahan data tersebut diperoleh bahwa skor rata-rata semangat guru dalam mengajar, disilin guru dalam mengajar, dan tanggung jawab guru dalam melaksanakan tugas adalah 4,18 dengan TCR 83,62% dan 4,28 dengan TCR 81,91% dan 4,05 dengan TCR 80,97%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa menurut persepsi siswa bahwa moral kerja guru baik dalam mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Padang. Hal ini perlu diperhatikan lagi, karena mengingat peran guru yang sangat besar dalam meningkatkan mutu pendidikan, tanpa dilandasi dengan semangat guru dalam mengajar, kedisiplinan guru dalam mengajar, dan tantunggungj awab guru terhadap tugasnya yang sudah terlaksana sebagaimana mestinya. Berdasarkan hasil tersebut maka moral kerja guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Padang baikdenganskor 4,17dan TCR 82,17%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1 |
Depositing User: | Mrs Risna Juita |
Date Deposited: | 01 Dec 2021 01:51 |
Last Modified: | 01 Dec 2021 01:51 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35478 |
Actions (login required)
View Item |