Putri, Suci Aisyah (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas X SMK. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
03_SUCI_AISYAH_PUTRI_19205055_4697_2021.pdf Download (18MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan agar mengetahui karakteristik perangkat pembelajaran berbasis RME yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas X Jurusan Pemasaran SMK. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp, dimana terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap pendahuluan, tahap pembuatan prototype dan tahap penilaian. Perangkat yang dibuat adalah RPP dan LKPD berbasis RME untuk kelas X Jurusan Pemarasan SMK. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi, angket, wawancara dan tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbentuk RPP dan LKPD berbasis RME untuk kelas X SMK adalah valid dan praktis. Kevalidan RPP mencapai 3,24 dan LKPD 3,22 dengan kriteria valid. Sedangkan Praktikalitas dari RPP adalah 85,42% dan LKPD 87,87%. Selain itu, efektifitas RPP dan LKPD untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah adalah90%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk kelas X Jurusan Pemasaran SMK dengan materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada semester ganjil dikatakan valid, praktis dan efektif serta dapat dijadikan salah satu bahan masukan dalam proses pembelajaran matematika
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERANGKAT PEMBELAJARAN |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 30 Nov 2021 02:46 |
Last Modified: | 30 Nov 2021 02:46 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35469 |
Actions (login required)
View Item |