Sari, Indri Okta (2019) Kompetensi Pedagogik Guru PPKn dalam Proses Pembelajaran SMP Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
A_03_Indri_Okta_Sari_14052010_1710_2019.pdf Download (916kB) | Preview |
Abstract
Guru hams memiliki dan menguasai kompetensi pedagogik dalam mewujudkan pembelajaran yang efektif, kreatif, menyenangkan, dan bermakna bagi peserta didik. Namun dalam proses pembelajaran siswa kurang memperhatikan pembelajaran dikarenankan guru kurang menarik dan bersifat menonton dalam memberikan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Kompetensi Pedagogik Guru PPKn Dalam Proses Pembelajaran di SMP Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan dilihat dari sepuluh aspek kompetensi pedagogik. Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif Kuantitatif untuk melihat, mengambarkan keadaan, dan sebagimana adanya yang terdapat dilapangan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan IX di SMP Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan terdiri dari 461 siswa. Teknik penarikan sampel menggunakan Sample random sampling dengan jumlah responden 82 orang siswa kelas VIII dan IX. Pengumpulan data dalam penelitian ini merupakan penyebaran angket sebanyak 40 butir pertanyaan. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan hitungan persentase. Berdasarkan basil penelitian, dapat disimpulkan sepuluh indikator pada kompetensi pedagogik guru PPKn dalam proses pembelajaran. Pertama,menguasai karakteristik perserta didik dilihat dari Tingkat Capaian Responden (TCR) sebesar 79,95% dikategorikan baik. Kedua, menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dilihat dari Tingkat Capaian Responden (TCR) sebesar 76,06% dikategorikan baik. Ketiga, mengembang kurikulum dilihat dari Tingkat Capaian Responden (TCR) sebesar 80,56% dikategorikan baik. Keempat, menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik dilihat dari Tingkat Capaian Responden (TCR) sebesar 82% dikategorikan sangat baik. Kelima, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari Tingkat Capaian Responden (TCR) sebesar 74,6% dikategorikan baik. Keenam, memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik dilihat dari Tingkat Capaian Responden (TCR) sebesar 75,68% dikategorikan baik. Ketujuh, berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dilihat dari Tingkat Capaian Responden (TCR) sebesar 87% dikategorikan sangat baik. Kedelapan, menyelenggarakan penilaian dan evaluasi dilihat dari Tingkat Capaian Responden (TCR) sebesar 73,16% dikategorikan baik. Kesembilan, memanfaatkan basil penilaian dan evaluasi dilihat dari Tingkat Capaian Responden (TCR) sebesar 83,42% dikategorikan sangat baik. Kesepuluh, melakukan tindakan reflektif dilihat dari Tingkat Capaian Responden (TCR) sebesar 77,12% dikategorikan baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pedagogik Guru |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1 |
Depositing User: | Mrs Risna Juita |
Date Deposited: | 29 Nov 2021 07:31 |
Last Modified: | 02 Dec 2021 06:59 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35458 |
Actions (login required)
View Item |