Analisis Pemahaman Konsep dan Sikap Siswa terhadap Belajar Fisika (AttitudesToward Learning Physics) pada Materi Gerak Parabola Kelas X di SMAN Kota Pariaman

Fauziah, Siti (2021) Analisis Pemahaman Konsep dan Sikap Siswa terhadap Belajar Fisika (AttitudesToward Learning Physics) pada Materi Gerak Parabola Kelas X di SMAN Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_SITI_FAUZIAH_17033068_4147_2021.pdf

Download (444kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa pada materi gerak parabola, sikap siswa terhadap belajar fisika, serta hubungan antara pemahaman konsep dengan sikap siswa terhadap belajar fisika. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X SMAN Kota Pariaman Tahun Ajaran 2020/2021. Teknik sampel dalam penelitian diambil dengan menggunakan purposive sampling yang berjumlah sebanyak 3 sekolah negeri di Kota Pariaman dengan sekolah kategori tinggi, sekolah kategori sedang dan sekolah kategori rendah kelas X MIPA. Instrumen penelitian yang peneliti gunakan berupa pemberian soal-soal pemahaman konsep materi gerak parabola dan penyebaran angket atau kuesioner yang diberikan kepada peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif denngan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman konsep siswa untuk 3 sekolah yang berbeda dengan kategori miskonsepsi tertinggi dengan presentase (42,6-72,3). Sikap siswa terhadap belajar fisika menunjukkan indicator tertinggi pada implikasi social fisika dengan presentase (72,3-77,4). Adan indicator sikap terendah pada indicator kesenangan dalam belajar fisika dengan presentase (64,8-66,1). Hubungan pemahaman konsep dengan sikap siswa menunjukkan korelasi sedang dan lemah dengan arah hubungan positif dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep pada ketiga sekolah ditemukan miskonsepsi memiliki presentase lebih tinggi dibandingkan tidak paham konsep dan pemahaman konsep siswa. Untuk sikap siswa, ditemukan bahwa indikator Implikasi sosial siswa memiliki presentase lebih tinggi dan kesenangan dalam mempelajari fisika memiliki presentase yang lebih rendah. Mengenai hubungan sikap dan pemahaman konsep siswa adanya korelasi sedang yang artinya pemahaman konsep siswa juga dipengaruhi oleh sikap siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SIKAP TERHADAP BELAJAR FISIKA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Nov 2021 07:31
Last Modified: 29 Nov 2021 07:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35455

Actions (login required)

View Item View Item