Pengembangan Booklet Sistem Koordinasi sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi Kelas XI SMA/MA

Ardianti, Riska (2021) Pengembangan Booklet Sistem Koordinasi sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_RISKA_ARDIANTI_17031077_4445_2021.pdf

Download (268kB) | Preview

Abstract

Biologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang termasuk pada kelompok ilmu pengetahun alam.Biologi temasuk salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh peserta didik.Berdasarkan hasil angket yang dibagikan kepada peserta didik dan guru di SMA Negeri 3 Padang, didapatkan hasil bahwa materi biologi yang dianggap sulit adalah materi sistem koordinasi.Penyebab kesulitan yang dialami oleh peserta didik adalah materi yang rumit, konsep materi yang abstak, materi yang banyak, dan bahan ajar yang tersedia kurang menarik minat peserta didik. Bahan ajar yang digunakan di sekolah berupa buku paket, LKPD, tetapi peserta didik menyatakan masih membutuhkan bahan ajar tambahan lain yang bisa menarik minat dan membantu peserta didik dalam memahami materi sistem koordinasi dengan baik. Berdasarkan hal tersebut maka dikembangkan booklet sistem koordinasi sebagai suplemen bahan ajar kelas XI SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengengembangan 4D (four D). Model ini terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu tahap pendifinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan (develop). Subjek penelitian ini terdiri dari 32 orang peserta didik, satu orang guru Biologi SMA Negeri 3 Padang, dan dua orang dosen Biologi FMIPA UNP. Data penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dihasilkan produk berupa booklet sistem koordinasi untuk kelas XI SMA. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa booklet yang dihasilkan sangat valid dengan nilai 87,83%, dan mendapatkan respon sangat positif dengan nilai respon oleh guru 89,55% dan nilai respon oleh peserta didik 92,84%. Berdasarkan hasil uji validitas dan uji respon, booklet materi sistem koordinasi dapat dikatakan sangat valid dan sangat praktis sehingga layak dijadikan sebagai suplemen bahan ajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SUPLEMEN BAHAN AJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Nov 2021 07:32
Last Modified: 26 Nov 2021 07:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35445

Actions (login required)

View Item View Item