Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning pada Materi Aturan Sinus dan Cosinus untuk Peserta Didik Kelas X SMA

Mardhatillah, Resvi (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning pada Materi Aturan Sinus dan Cosinus untuk Peserta Didik Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_RESVI_MARDHATILLAH_17029116_4392_2021.pdf

Download (268kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD berbasis discovery learning yang valid, praktis dan efektif pada materi aturan sinus dan cosinus untuk peserta didik kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp. Model pengembangan Plomp terbagi menjadi tiga fase. Pertama, fase investigasi awal (preliminary research). Fase ini terdiri dari analisiskebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep dan analisis peserta didik. Kedua, fase pengembangan dan pembuatan prototype (development or prototyping phase). Pada fase ini dilakukan pembuatan prototype berupa LKPD berbasis discovery learning. Selanjutnya dilakukan evaluasi formatif terhadap prototype yang terdiri dari self evaluation, expert review, one to one evaluation dan small group evaluation. Ketiga, fase penilaian (assessment phase). Pada faseini dilakukan evaluasi pada kelompok besar (field test) untuk melihat keefektifan dari LKPD berbasis discovery learning yang dikembangkan. Berdasarkan hasil analisis data validitas menunjukkan bahwa LKPD berbasis discovery learning dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikan mempunyai tingkat validitas 89,29% dengan kategori sangat valid. LKPD juga memenuhi kriteria praktis dari aspek kemudahan penggunaan, kemanfaatan, waktu dan kemenarikan tampilan dengan rata-rata nilai praktikalitas sebesar 88,54%. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis data efektivitas diperoleh nilai gain score sebesar 0,695 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis discovery learning pada materi aturan sinus dan cosinus untuk peserta didik kelas X SMA dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ATURAN SINUS DAN COSINUS
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Nov 2021 07:32
Last Modified: 26 Nov 2021 07:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35444

Actions (login required)

View Item View Item