Preparasi Dye Sensitized Solar Cell (DSSC) Menggunakan Poli Tanin Hasil Sintesis Sebagai Zat Warna Untuk Meningkatkan Efisiensi Sel Surya

Lina, Resi Gusmar (2021) Preparasi Dye Sensitized Solar Cell (DSSC) Menggunakan Poli Tanin Hasil Sintesis Sebagai Zat Warna Untuk Meningkatkan Efisiensi Sel Surya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_RESI_GUSMAR_LINA_17036031_5042_2021.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Pada penelitian ini dilakukan preparasi komponen penyusun DSSC dan sintesis zat warna poli tanin yang digunakan pada DSSC dengan cara mempolimerisasi tanin. Pada polimerisasi tanin inisiator yang digunakan yaitu KOH dengan variasi 1%, 1,5%, 2%, 3%, 4%, 5% dan Glutaraldehide sebagai agen pengikat silang (crosslinking agent) dengan variasi yang digunakan 0,5 mL, 1,5 mL, 2,5 mL, 3,5 mL, 4,5 mL. Pendopingan TiO2 dengan logam Fe sebagai fotokatalis bertujuan untuk menurunkan band-gap dari Titanium Dioksida dan membantu kinerjanya pada reaksi sel surya DSSC. Sel surya dirangkai membentuk sandwich yang kemudian di uji tegangan yang dihasilkan menggunakan multimeter digital. Pengukuran voltase dari DSSC bertujuan untuk mengetahui efisiensi yang dihasikan sel surya DSSC. Zat warna yang digunakan (poli-tanin) pada DSSC dikarakterisasi menggunakan instrumen FTIR dan pengujian densitas serta viskositas poli tanin yang dihasilkan. Instrumen FTIR memperlihatkan pita serapan pada 2942,46 cm-1 yang muncul karena reaksi tanin dengan formaldehid selama proses polimerisasi, poli- tanin dengan efisiensi DSSC optimum memiliki densitas dan viskositas yaitu 1,17 g/cm3 dan 11,70 Poise. TiO2 yang didoping logam Fe telah dikarakerisasi melalui instrumen UV-DRS yang telah berhasil menurunkan band- gap dari Titanium Dioksida dari 3,27 eV menjadi 3,05 eV. Efisiensi yang dihasilkan sel surya merupakan presentase kemampuan dari sel surya DSSC untuk menghasilkan energi listrik dari voltase yang dihasilkan. Efisiensi optimum dari Sel surya DSSC yang dirangkai yaitu sebesar 7,01% pada variasi inisiator KOH 2% dan volume agen pengikat silang 2,5 mL.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: DYE SENSITIZED SOLAR CELL
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Nov 2021 07:32
Last Modified: 26 Nov 2021 07:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35443

Actions (login required)

View Item View Item