Pergeseran Nilai-nilai Moral Masyarakat di Kecamatan IV Nagari Bayang Utara Kabupaten Pesisir Selatan (Studi Kasus Hamil Diluar Nikah)

Yolanda, Cici (2019) Pergeseran Nilai-nilai Moral Masyarakat di Kecamatan IV Nagari Bayang Utara Kabupaten Pesisir Selatan (Studi Kasus Hamil Diluar Nikah). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_03_Cici_Yolanda_1306086_1773_2019.pdf

Download (783kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menjelaskan bahwa globalisasi mempengaruhi pola hidup remaja jadi tidak terkontrol serta menimbulkan kurangnya rasa mengormati dan menghargai antara masyarakat. Sehingga pergeseran nilai-nilai moral masyarakat mulai terlihat dengan banyaknya perilaku-perilaku masyarakat dalam lingkungannya yang tidak sesuai dengan moral. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pergeseran nilai-nilai moral masyarakat, mengidentifikasi faktor penyebab terjadinya pergeseran nilai-nilai moral masyarakat dan menjelaskan upaya dalam menanggulangi pergeseran nilai-nilai moral masyarakat terutama kasus hamil diluar nikah di Kecamatan IV N agari Ba yang U tara. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan informan dalam penelitian ini memakai teknik purposive sampling. J enis datanya adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Uj i keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi, kemudian data dianalisis dengan cara seleksi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dari data yang diperoleh selama penelitian. Penelitian ini menggambarkan bahwa pergeseran nilai-nilai moral masyarakat yaitu pergeseran nilai moral individual, pergeseran nilai moral religius dan pergeseran nilai moral sosial. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pergeseran nilai-nilai moral masyarakat yaitu kurang tetanamnya nilai-nilai agama, kurangnya kontrol sosial masyarakat dan kurangnya kontrol orang tua. Upaya dalam menanggulangi pergeseran nilai-nilai moral masyarakat ini yaitu upaya preventif dari pemerintah, tokoh agama dan tokoh adat dengan diadakannya pelatihan khutbah jum' at dan dibentuknya arena trabas, sementara itu tokoh adat mengumpulkan kemanakan-kemanakan dengan di beri nasehat dan pengarahan mengenai pergeseran nilai-nilai moral masyarakat sedangkan upaya refresif dari orang tua dan masyarakat yaitu denngan memberikan nasehat dan meningkatkan kontrol terhadap anak agar tidak mengalami kasus hamil diluar nikah akibat dari terjadi pergeseran nilai-nilai moral masyarakat di Kecamatan IV Nagari Bayang Utara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 26 Nov 2021 07:32
Last Modified: 26 Nov 2021 07:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35439

Actions (login required)

View Item View Item