Pengembangan Puzzle Konstruksi sebagai Media Pembelajaran untuk Mata Pelajaran Sejarah di SMA

Rahma, Aulia (2019) Pengembangan Puzzle Konstruksi sebagai Media Pembelajaran untuk Mata Pelajaran Sejarah di SMA. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_02_Aulia_Rahma_14046060_1444_2019.pdf

Download (795kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Puzzle Konstruksi sebagai media belajar untuk mata pelajaran sejarah Indonesia di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan ( Research and Development) menggunakan model ADDIE. Model ini terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMAN 2 Solok. Uji Validitas dan Praktikalitas penelitian berdasarkan penilaian ahli materi, media, guru dan siswa menggunakan angket. Puzzle Konstruksi yang layak atau valid digunakan menurut Validator dilihat dari tampilan Puzzle Konstruksi yang dikategorikan sangat Valid yaitu terletak pada tampilan Puzzle Konstruksi, tata letak, background, perpaduan wama, audio yang disajikan dan tombol navigasi mudah digunakan untuk ukuran valid yaitu kebahasaan kesesuaian Puzzle Konstruksi dengan tujuan pembelajaran dan sajian gambar. Puzzle Konstruksi yang Praktis digunakan menurut penilaian guru, dilihat pada aspek kepraktisan Penggunaan dan aspekkepraktisan dalam meningkatkan minat belajar siswa. Item kepraktisan penggunaan Puzzle Konstruksi dikategorikan sangat mempermudah siswa dan meningkatkan minat belajar siswa. Kepraktisan Penggunaan Puzzle Konstruksi dapat digunakan berulang• ulang dan Puzzle Konstruksi dapat membuat waktu lebih efisien dikategorikan sangat Praktis dan Konstruksi mudah digunakan dikategorikan sangat Praktis yaitu puzzle Konstruksi mudah digunakan, mempermudah pelaksanaan pembelajaran, membuat waktu pelajaran lebih efisien, dapt digunakan berulang• ulang dan mempermudah guru dalam penyajian materi. Kepraktisan dalam meningkatkan minat belajar siswa juga dikategorikan sangat Praktis yaitu puzzle Konstruksimenarik bagi siswa, puzzle konstruksi dapat meningkaykan minat serta puzzle Konstruksi dapat meningkatkan semangat siswa dalam belajar. Puzzle Konstruksi yang Praktis digunakan menurut penilaian siswa pada item Puzzle konstruksi meningkatkan minat belajar dikategorikan sangat Praktis yaitu kepraktisan dalam meningkatkan perasaan senang dalam belajar, kepraktisan dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 26 Nov 2021 07:31
Last Modified: 26 Nov 2021 07:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35433

Actions (login required)

View Item View Item