Dampak Program Pendidikan Profesi Guru terhadap Kinerja Guru Bahasa Inggris Pra-jabatan dan dalam Jabatan Berdasarkan Penilaian Kepala Sekolah

Kesuma, Pandu (2021) Dampak Program Pendidikan Profesi Guru terhadap Kinerja Guru Bahasa Inggris Pra-jabatan dan dalam Jabatan Berdasarkan Penilaian Kepala Sekolah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_PANDU_KESUMA_16018059_4911_2021.pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah program pendidikan untuk mempersiapkan lulusan Sarjana menjadi guru profesional dalam setiap mata pelajaran yang diembannya. Program PPG bertujuan untuk memecahkan masalah yang muncul di kalangan guru dan meningkatkan kompetensi mengajar mereka. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan informasi dari Kepala Sekolah di 50 Kota, Kabupaten Agam, Kabupaten Solok dan Kota Payakumbuh yang memiliki guru Bahasa Inggris lulusan Program PPG UNP mulai dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2019 mengenai dampak program PPG terhadap kompetensi pedagogik dan professional guru. 20 kepala sekolah yang menilai 18 guru bahasa Inggris Dalam Jabatan dan dua guru bahasa Inggris pra-jabatan telah terlibat sebagai partisipan penelitian ini. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Deskriptif Kuantitatif dengan Metode Survey. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner tertutup dan terbuka yang didistribusikan melalui Google-form. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Program PPG telah membawa dampak positif terhadap kinerja guru bahasa Inggris menurut penilaian kepala sekolah. Mayoritas guru bahasa Inggris dianggap layak menduduki kriteria penilaian positif. Meskipun angka-angka yang berada di bawah kriteria penilaian negatif terbilang sangat rendah, guru bahasa Inggris masih menghadapi masalah kecil yang mungkin selalu muncul kembali selama bertahun-tahun. Hasil dan temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memperbaiki proses penyelenggaraan program PPG sehingga nantinya mampu menghasilkan guru bersertifikat yang lebih berkualitas. Selanjutnya bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan selaku penanggung jawab program PPG untuk memperbaiki dan menciptakan sistem pendidikan yang lebih baik dalam program PPG.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Profesi Guru-Kinerja Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 26 Nov 2021 01:41
Last Modified: 26 Nov 2021 01:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35426

Actions (login required)

View Item View Item