Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Web Edmodo untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI SMAN 3 Bukittinggi

Sigiro, Anggraini (2021) Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Web Edmodo untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI SMAN 3 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_PAULINA_ANGGRAINI_SIGIRO_17029071_4636_2021.pdf

Download (268kB) | Preview

Abstract

Di tengah penyebaran virus corona yang semakin merajalela, proses pendidikan di Indonesia dilaksanakan secara online. Pembelajaran online dapat berlangsung dengan baik karena perkembangan kemajuan teknologi yang mendukung. Saatsekarang ini, peserta didik sudah terbiasa dalam penggunaan handphone. Dalam dunia pendidkan, perkembangan teknologi dimanfaatkan dalam keberlangsungan proses pembelajaran secara online. Pemanfaatannya berupamedia berbasis web seperti Edmodo. Edmodo ini dapat diakses menggunakan internet dan handphone. Pemanfaatan Edmodo ini diharapkan dapatmeningkatkan hasil belajar peserta didik disaat keberlangsungan pembelajaran online. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan penelitian pra eksperimen dengan rancangan penelitian one-group pretest-posttest design. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan mengungkapkan dampak penerapan media pembelajaran berbasis web edmodo pada mata pelajaran matematika terhadap hasilbelajarpeserta didik di kelas XI SMAN 3 Bukittinggi. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMAN 3 Bukittinggi dengan sampel penelitiannya adalah peserta didik kelas XI MIPA 2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah RPP, LKPD, dan tes hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar peserta didik dari pretest yaitu sebesar 42,86 sedangkan rata-rata dari hasil posttest yaitu sebesar 83,72. Untuk hasil posttest diperoleh nilai tertinggi yaitu 96 dan nilai terendah yaitu sebesar 44. Hasil pretest memilki simpangan baku sebesar 13,31 sedangkan posttest memiliki simpangan baku sebesar 9,74. Hasil uji N-Gain 77,83% pada kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis web edmodo efektif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rata-rata posttest sudah termasuk dalam kategori baik. Untuk nilai pada LKPD untuk setiap pertemuan mengalami peningkatan baik dari rata-rata maupun persentase ketuntasan peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar menggunakan media Edmodo dan rata-rata yangdiperoleh termasuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Nov 2021 07:41
Last Modified: 25 Nov 2021 07:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35414

Actions (login required)

View Item View Item