Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP di Kota Padang dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Kriteria Watson

Andiana, Novia (2021) Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP di Kota Padang dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Kriteria Watson. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_NOVIA_ANDIANA_1201239_3045_2021.pdf

Download (367kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII berjumlah 21 siswa. Instrumen penelitian berupa soal tes matematika tentang pola bilangan dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik. Setelah dilakukan penelitian, siswa dikelompokkan menjadi 3 kategori yaitu 3 siswa kelompok atas, 17 siswa kelompok sedang, dan 1 siswa termasuk kelompok rendah. Jenis kesalahan yang diakukan siswa adalah data tidak tepat dengan persentase 7,15%, prosedur tidak tepat dengan persentase 26,99%, data hilang dengan persentase 0,79%, manipulasi tidak langsung dengan persentase 3,17%, masalah hierarki keterampilan dengan persentase 4,76%, kesimpulan hilang dengan persentase 34,13%, dan selain tujuh kesalahan dengan persentase 23,01%. Penyebab kesalahan ini antara lain siswa tidak bisa mengabstraksi data pada soal, siswa menggunakan rumus yang tidak tepat karena tidak teliti dalam membaca soal, kurang menguasai konsep pola bilangan, siswa lupa membuat kesimpulan karena menganggap bahwa akhir penyelesaian pada soal cerita tidak membutuhkan kesimpulan, kurangnya keterampilan siswa mengenai aljabar dan operasi perhitungan bilangan bulat, siswa tidak memahami maksud soal sehingga menyebabkan kegagalan dalam menjawab soal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ANALISIS KESALAHAN
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Nov 2021 01:40
Last Modified: 25 Nov 2021 01:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35408

Actions (login required)

View Item View Item