Pengembangan Multimedia Interaktif Bermuatan Game Tebak Kata tentang Materi Sistem Reproduksi pada Manusia untuk Peserta Didik Kelas XI SMA

Sari, Nilmala (2021) Pengembangan Multimedia Interaktif Bermuatan Game Tebak Kata tentang Materi Sistem Reproduksi pada Manusia untuk Peserta Didik Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_NILMALA_SARI_17031170_3242_2021.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan menghasilkan produk berupa multimedia interaktif bermuatan game tebak kata tentang materi sistem reproduksi pada manusia untuk peserta didik kelas XI SMA yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model Instructional Development Institute (IDI). Model ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu pendefinisian (define), pengembangan (develop), dan penilaian (evaluate). Subjek penelitian ini terdiri dari 3 orang validator, dan untuk uji praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru SMA Negeri 1Lembah Gumanti dan 30 orang peserta didik Kelas XII MIPA SMA Negeri 1Lembah Gumanti. Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari angket validitas dan angket praktikalitas. Penelitian ini menghasilkan produk berupa multimedia interaktif bermuatan game tebak kata tentang materi sistem reproduksipada manusia untuk peserta didik kelas XI SMA. Dari hasil validitas,dinyatakan dengan kriteria valid, dengan nilai rata-rata 86,19%. Hasil uji praktikalitas oleh guru dan peserta didik menunjukkan multimedia interaktif bermuatan game tebak kata yang dikembangkan memiliki kriteria sangatpraktis dengan nilai rata-rata 93,08% dan 90,57%. Berdasarkan hasil penelitiandapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif bermuatan game tebak katatentang materi sistem reproduksi pada manusia untuk peserta didik kelas XISMA yang dikembangkan valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MULTIMEDIA INTERAKTIF
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Nov 2021 01:40
Last Modified: 25 Nov 2021 01:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35406

Actions (login required)

View Item View Item