Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbantuan GeoGebra Classroom pada Materi Dimensi Tiga untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik

Putri, Nella Dwi (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbantuan GeoGebra Classroom pada Materi Dimensi Tiga untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_NELLA_DWI_PUTRI_17029069_4749_2021.pdf

Download (448kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dikategorikan penelitian pengembangan (research and development) dengan berbantuan model Plomp. Pada tahap investigasi awal (preliminary research) dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep, dan analisis peserta didik. Pada tahap pembentukan prototipe (prototyping stage), LKPD yang telah dirancang dilakukan evaluasi sendiri (self evaluation), dilanjutkan penilaian pakar/ahli (expert review) oleh tiga orang validator, kemudian diujicobakan secara evaluasi satu-satu (one to one evaluation) dan uji coba kelompok kecil (small group) kepada peserta didik kelas XII IPA 1. Uji kepraktisan dan keefektivan LKPD dilakukan pada tahap small group. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, daftar check list, angket validitas dan praktikalitas, analisis hasil kerja peserta didik, dan hasil tes pemahaman konsep matematis peserta didik. Data yang terkumpul dilakukan analisis secara deskriptif. Penelitian ini menghasilkan LKPD berbantuan GeoGebra Classroom pada materi dimensi tiga yang valid dengan karakteristik: materi pada LKPD mengacu pada kurikulum 2013; kegiatan pembelajaran pada LKPD memuat indikator pemahaman konsep matematis; LKPD berbantuan bahasa yang mudah dipahami dan ukuran font yang jelas dan dapat dibaca; desain LKPD menarik dari segi tata letak, font, warna, dan gambar; dan fitur geogebra membantu peserta didik untuk mengeksplorasi pengetahuannya. Selain itu, LKPD juga praktis dengan karakteristik: LKPD mudah digunakan dengan adanya petunjuk yang jelas dan mudah dipahami serta ukuran font yang jelas; LKPD mudah diakses dan dapat memotivasi untuk belajar; kegiatan, perintah, permasalahan maupun materi pada LKPD jelas dan mudah dipahami; kombinasi warna tampilan objek 3D pada applet geogebra membuat pembelajaran menjadi menarik; waktu dalam mengerjakan LKPD efisien; dan peserta didik sangat terbantu dengan LKPD dalam memahami materi dimensi tiga. LKPD dinyatakan cukup efektif berdasarkan analisis rata-rata hasil post test pemahaman konsep matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Nov 2021 01:40
Last Modified: 25 Nov 2021 01:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35404

Actions (login required)

View Item View Item