Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Pembelajaran Means-Ends Analysis pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMP

Miswar, Mawaddah Ramadhani (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Pembelajaran Means-Ends Analysis pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_MAWADDAH_RAMADHANI_MISWAR_16029065_3149_2021.pdf

Download (286kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik(LKPD) pada materi aritmetika sosial dengan menerapkan pembelajaran berbasis model pembelajaran Means-Ends Analysis. Penelitian ini juga bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKPD berbasis model pembelajaran Means Ends Analysis yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga fase, yaitu fase investigasi awal (Preliminary Research), fase pembuatan prototipe (Prototyping Phase), dan fase penilaian (Asessment Phase). Fase investigasi awal terdiri dari analisis kebutuhan,analisis kurikulum, analisis konsep, dan analisis peserta didik. Fase pembuatan prototipe terdiri dari prototype 1, prototype 2, prototype 3, dan prototype 4. Pada prototype 1 dilakukan self evaluation. Pada prototype 2 dilakukan expert reviews untuk melihat validitas LKPD berdasarkan penilaian pakar matematika. Pada prototype 3 dilakukan evaluasi perorangan (One to One Evaluation) dengan menguji cobakan LKPD yang sudah valid kepada tiga orang peserta didik dengan kemampuan kognitif yang berbeda. Pada prototype 4 dilakukan evaluasi kelompok kecil (Small Group Evaluation) dengan menguji cobakan LKPD kepada enam orang peserta didik dengan kemampuan kognitif yang berbeda. Terakhir fase penilaian untuk melihat kepraktisan LKPD melalui hasil angket praktikalitas terhadap respon peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data validitas menunjukan bahwa LKPD berbasis model pembelajaran MEA pada materi aritmetika sosial mempunyai tingkat validitas 88,89% dengan kategori sangat valid, dengan kriteria kevalidan menurut validator yaitu LKPD memuat materi, rumusan indikator, dan tujuan yang sesuai dengan KI dan KD pada kurikulum 2013, LKPD dapat dibaca dengan jelas dan sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar, LKPD memuat kegiatan ataupun informasi yang jelas dan sistematis, desain LKPD yang menarik, dan penggunaan huruf serta gambar yang sesuai. LKPD juga memenuhi kriteria praktis dari hasil angket respon peserta didik dengan persentase sebesar 96,43%, dengan kriteria LKPD mudah untuk digunakan, membantu peserta didik untuk belajar secara mandiri maupun berkelompok, bisa dibaca dan dipahami dengan jelas, serta dapat memahami materi dan menyelesaikan permasalahan di dalamnya sesuai dengan waktu yang tersedia. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis model pembelajaran MEA pada materi aritmetika sosial untuk peserta didik kelas VII SMP dapat dinyatakan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Nov 2021 07:59
Last Modified: 24 Nov 2021 07:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35398

Actions (login required)

View Item View Item